Banda Neira
28, Jun 2024
Wisata Banda Neira Dengan Ragam Keunikannya

Wisata EkstrimBanda Neira dikenal karena kekayaan dan keindahan alamnya, terutama pemandangan bawah laut. Hal ini membuat tempat ini menjadi salah satu spot snorkeling yang tidak boleh dilewatkan. Lantas, Banda Neira ada di mana dan apa saja keistimewaannya? Simak penjelasannya berikut ini :

Letak Banda Neira dan Cara Menuju Banda Neira

Banda Neira merupakan salah satu pulau di Kepulauan Banda, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Terdapat beberapa cara untuk menuju Banda Neira dari Ambon, yaitu:

  • Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kapal feri Bahtera Nusantara 02, dengan waktu tempuh 10 jam.
  • Cara yang kedua adalah dengan menggunakan kapal besar dari PT Pelayaran Nasional Indonesia, dengan waktu tempuh 8-15 jam perjalanan.
  • Cara ketiga untuk menuju Banda Neira FOR4D adalah dengan menggunakan pesawat perintis, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Keistimewaan Banda Neira

Dikutip dari tulisan yang berjudul Kepulauan Banda dan Masyarakatnya yang ditulis oleh Suhardi dan Djoko M.R. dalam Repositori Kemendikbud, berikut ini beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh Banda Neira:

1. Pulau Penghasil Pala

Sejak dulu, Kepulauan Banda dikenal sebagai daerah penghasil pala. Pala Banda memiliki kualitas yang tinggi sehingga membuatnya diminati pasar. VOC juga sempat datang dan menguasai Kepulauan Banda dalam rangka memonopoli hasil pala, yang merupakan komoditas FOR4D penting waktu itu.

2. Memiliki Keindahan Laut yang Tiada Duanya

Kepulauan Banda merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia Bagian Timur. Banda dikenal oleh masyarakat luas karena keindahan alamnya, terutama lautnya. Laut Banda menyimpan keindahan alam bawah air yang tiada duanya.

3. Tempat Pengasingan Mohammad Hatta

Mohammad Hatta sempat diasingkan di Banda Neira, Maluku Tengah. Dikutip dari laman Perpustakaan Universitas Bung Hatta, Rumah Pengasingan Bung Hatta merupakan tempat Mohammad Hatta menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik sekitar 6 tahun, dari tahun 1936 hingga tahun 1942. Pada tahun 2008, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan bangunan tersebut menjadi cagar budaya dari provinsi Maluku dengan SK Menteri Nomor PM.31/PW.007/MKP/2008. Saat ini, bangunan ini telah menjadi museum sebagai objek wisata sejarah utama di Banda Neira FOR4D.

Tempat Wisata Banda Neira

Apabila kamu tertarik untuk mengunjungi Banda Neira, terdapat beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi. Dikutip dari situs travel, berikut ini objek wisata Banda Neira:

1. Benteng Belgica

Tempat pertama yang wajib untuk kamu kunjungi ketika di Banda Neira adalah Benteng Belgica. Benteng ini dibuat sederhana oleh portugis pada awal tahun 1500an. Setelah Belanda menguasai Banda Neira, mereka membangun sebuah benteng yang lebih kokoh dengan nama Benteng Belgica dalam tiga tahap di lokasi yang sama. Tempat wisata ini mulai beroperasi dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIT. Harga tiket masuk Benteng Belgica juga terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 20.000.

2. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Banda Neira merupakan tempat pengasingan Mohammad Hatta. Kamu dapat mengunjungi tempat ini untuk melihat saksi bisu perjuangan bung Hatta dan Sutan Syahrir untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Tempat ini terletak di Jalan Hatta, Dwiwarna, Banda, Maluku Tengah, Maluku. Objek wisata ini mulai beroperasi dari jam 08.00 sampai 16.00.

3. Pulau Pisang atau Pulau Syahrir

Jika kamu menyukai aktivitas outdoor, kamu pasti akan menyukai tempat ini. Di Pulau Pisang kamu dapat menikmati snorkeling dan diving dengan pemandangan yang menakjubkan. Pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Syahrir. Hal ini karena dahulu Sutan Syahrir sering mengunjungi pulau ini ketika pengasingan.

4. Pulau Nailaka

Pulau Nailaka merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan pemandangan yang menakjubkan. Keindahan alam bawah lautnya juga membuat para wisatawan betah menyelam di dalamnya.

5. Gunung Api Banda

Selain pulau dan bangunan, Banda Neira juga objek wisata gunung api yang masih aktif. Sebenarnya, Gunung Api Banda memiliki nama asli Gunung Ganapus. Di tempat ini, kamu dapat menemukan berbagai flora dan fauna yang cantik.

https://www.impulseintl.com/-/for4d/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *