Taman Nasional Kelimutu
6, Jul 2024
Wisata Taman Nasional Kelimutu, Keindahan Danau Tiga Warna Flores

Wisata Ekstrim – Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki banyak destinasi wisata yang mengagumkan, salah satunya Taman Nasional Kelimutu. Sebuah surga alam yang memadukan keindahan alamiah dengan legenda dan misteri. Terletak di Pulau Flores, taman wisata ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Penasaran dengan informasi Taman Nasional Kelimutu?

Taman Nasional Kelimutu merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT. Keindahan tiga danau kawah Gunung Kelimutu menjadi daya tarik bagi pengunjung domestik maupun mancanegara yang dikenal dengan nama danau tiga warna. Danau Kelimutu ini memiliki tiga danau yang bernama Tiwi Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, san Tiwu Ata Polo. Ketiganya memiliki pengertian sebagai berikut :

  • Tiwi Ata Mbupu yang merupakan danau berwarna putih dan dipercaya oleh penduduk, sekitar sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal. Luas danau ini mencapai 4,5 hektare.
  • Tiwu Nuwa Muri Koo Fai adalah danau yang berwarna biru dan dipercaya penduduk lokal sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah meninggal. Luas danau ini sekitar 5,5 hektare. Jika dilihat dari ketinggian, warna danau ini adalah hijau lumut kebiruan.
  • Tiwu Ata Polo yang merupakan danau berwarna merah dan penduduk sekitar percaya bahwa danau ini adalah tempat berkumpul bagi jiwa-jiwa orang yang meninggal dan melakukan kejahatan semasa hidup. Luas danau ini hanya sekitar 4 hektare dengan kedalaman 64 meter.

https://bluewaysglobal.com/-/for4d/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *