Kampong Ayer
21, Jul 2024
Wisata Kampong Ayer Brunei Darussalam

Wisata Ekstrim – Objek wisata Kampong Ayer Brunei Darussalam bisa menjadi pilihan jika Anda saat ini sedang jenuh dengan sauna hiruk pikuk di perkotaan. Bukan tanpa sebab, wisatawan yang datang ke sini akan mendapati pedesaan dengan sungai di sekelilingnya. Sebagai informasi, Kampong Ayer secara historis sudah lama menjadi pemukiman penting di negara Brunei Darussalam. Itu merupakan ibu kota de facto dan merupakan pusat ekonomi dan sosial yang penting di negara tersebut selama beberapa abad. Karena itulah para pengunjung bisa menikmati permukiman bersejarah yang unik dan memiliki daya tariknya tersendiri. Tak heran wisatawan lokal sampai luar negeri sekalipun tertarik datang ke tempat tersebut saat berlibur.

Informasi Seputar Objek Wisata Kampong Ayer Brunei Darussalam

Destinasi wisata Kampong Ayer kerap orang sebut sebagai Venesia dari Timur yang sebenarnya berada di Italia. Sesuai dengan namanya, destinasi tersebut menarik perhatian lantaran semua bangunan di sana berada di atas air. Namun istilah Venesia dari Timur sendiri muncul usai dua orang penjelajah menemukan banyak kesamaan antara Kampong Ayer dengan Venesia. Sebab sama seperti Venesia, rumah-rumah yang ada di Kampong Ayer berdiri di atas sungai. Tak hanya itu, semua penduduk di Kampong Ayer juga menggantungkan kehidupannya di atas air. Di sini terdapat perahu motor yang terbuat dari kayu hilir mudik mengangkut penduduk serta pedagang dari satu desa menuju desa lainnya.

Lokasi 

Tempat wisata Kampong Ayer sendiri berlokasi di Bandar Seri Begawan yaitu ibu kota negara Brunei Darussalam. Lantaran menjadi salah satu tempat wisata yang populer, para wisatawan bisa dengan mudah menemukan lokasi Kampong Ayer. Lokasinya berada di dekat masjid Omar Ali yang bisa wisatawan datangi langsung hanya menggunakan perahu. Para wisatawan yang hendak menyeberang ke Kampong Ayer bisa memakai kapal di dermaga sepanjang Kota Bandar. Hanya satu kali berlayar, Anda sudah tiba di Kampong Ayer Brunei Darussalam dengan membayar biaya sebesar 1 dollar Brunei.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional 

Seperti yang sudah Anda ketahui, Kampong Ayer merupakan kawasan pemukiman penduduk di Brunei. Karena itulah tidak ada harga tiket masuk yang harus wisatawan bayarkan selama berlibur di sini. Kendati demikian pengunjung perlu membayar biaya transportasi dengan perahu agar bisa tiba di Kampong Ayer. Senada dengan  harga tiket masuk, tidak ada juga jam operasional atau waktu buka destinasi tersebut. Dengan demikian para pengunjung bisa bebas berwisata kesini kapan pun dan dapat membawa banyak orang sekalipun.

Fasilitas

Menjadi salah satu wisata menarik di Brunei Darussalam, wisatawan bisa mendapati beberapa fasilitas yang tersedia di tempat tersebut. Fasilitas tersebut mulai dari perahu untuk alat transportasi untuk memudahkan pengunjung berwisata ke Kampong Ayer. Tak hanya sebagai alat transportasi, Anda bisa menggunakan fasilitas perahu untuk menikmati keindahan sekitar Kampong Ayer. Selain rumah ada juga fasilitas umum seperti klinik, sekolah, pemandu wisata dan masih banyak lagi.

Daya Tarik

Di Kampong Ayer terdapat banyak daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung betah saat berkunjung.

Beberapa daya tarik tersebut mulai dari :

Keindahan Khas Kampong Ayer

Saat berwisata di Kampong Ayer,  para traveller bisa menikmati keindahan khas Kampong Ayer. Di mana Anda dapat melihat langsung pemandangan di sana sambil naik perahu yang membuatnya semakin menarik.

Pemandangan Senja dari atas Ketinggian

Tempat wisata Kampong Ayer juga memiliki Mercu Dirgahayu 60 yang bisa wisatawan manfaatkan. Anda bisa menikmati sore atau senja dari atas ketinggian dengan naik Mercu Dirgahayu 60. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata menarik di Kampong Ayer Brunei Darussalam bisa datang ke sana secara langsung.

https://www.ondarea-errenteria.net/

https://www.smkn2jayapura.org/

https://suppliers.portal.ppa.gov.gh/-/togelonline/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *