Taman Nasional Ivindo
19, Mar 2024
Nikmati Keindahan Taman Nasional Ivindo

Wisata Ekstrim – Terletak di garis khatulistiwa di bagian utara Gabon, situs yang sebagian besar masih asli ini mencakup area seluas hampir 300.000 ha yang dilintasi oleh jaringan sungai blackwater yang indah. Ini menampilkan jeram dan air terjun yang dibatasi oleh hutan hujan utuh, yang menjadikannya lanskap dengan nilai estetika yang tinggi. Habitat akuatik di lokasi ini merupakan rumah bagi spesies ikan air tawar endemik, 13 di antaranya terancam punah, dan setidaknya tujuh spesies rumput sungai Podostemaceae, dengan kemungkinan flora akuatik mikro-endemik di setiap air terjun. Banyak spesies ikan di properti ini yang belum dideskripsikan dan sebagian dari situs tersebut hampir tidak diselidiki. Buaya Moncong Ramping (Mecistops cataphractus) yang Sangat Terancam Punah (Critically Endangered) mencari perlindungan di Taman Nasional Ivindo yang juga memiliki hutan tua Caesalpinioideae dengan nilai konservasi tinggi yang secara biogeografis unik, mendukung, misalnya, keanekaragaman kupu-kupu yang sangat tinggi serta mamalia andalan yang terancam punah dan fauna burung seperti seperti Gajah Hutan yang Sangat Terancam Punah (Loxodonta cyclotis), Gorila Dataran Rendah Barat (Gorilla gorilla), Simpanse yang Terancam Punah (Pan troglodytes) dan Burung Beo Abu-Abu (Psittacus erithacus) serta Burung Batu Leher Abu-abu yang Rentan (Picathartes oreas), Mandrill (Mandrillus sphinx), Leo

Sintesis singkat

Taman Nasional Ivindo adalah kawasan lindung utama yang mewakili hutan di dataran tinggi pedalaman Gabon. Hal ini ditandai dengan lahan basah Ivindo dan Djidji yang membentuk kompleks air terjun yang perawan dan sangat “indah”, jeram dan aliran yang tenang dengan air hitam pekat, dalam suasana hutan yang masih utuh. Hutan-hutan ini mencakup formasi yang sangat beragam, terutama hutan Caesalpinioideae yang sangat tua, unik di Afrika Tengah dan di seluruh wilayah Guinea-Kongo. Properti ini, bersama dengan dua kawasan lindung lainnya, dianggap sebagai salah satu kawasan lindung yang paling tak tergantikan di dunia untuk konservasi mamalia, burung, dan amfibi. Ini adalah tempat perlindungan alami bagi banyak spesies langka, terancam atau endemik di wilayah dataran tinggi pedalaman Gabon yang merupakan salah satu dari empat zona, sangat berbeda satu sama lain, di provinsi biogeografis Guinea Bawah, sangat berbeda dari hutan di wilayah tersebut. wilayah Kongo.

Kriteria (ix): Taman Nasional Ivindo menggabungkan kawasan hutan Caesalpinioideae dengan iklim utuh dan ekosistem sungai yang tidak terganggu. Properti ini memiliki nilai yang luar biasa karena keragaman formasi hutannya, keberadaan hutan Caesalpinioideae yang sangat tua, dan hutan Julbernardia pellegriniana atau Eurypetalum batesii yang monodominan, semuanya unik di Lower Guinea dan di seluruh Afrika tengah. Mencakup hampir 300.000 ha ekosistem hutan ini dan dikelilingi oleh zona penyangga seluas lebih dari 182.000 ha, properti ini dapat dianggap luar biasa karena memberikan ruang yang cukup bagi proses evolusi untuk terus berlanjut tanpa terganggu.

Hutan Caesalpinioideae yang sangat tua mewakili tahap karakteristik evolusi hutan di Afrika Tengah namun telah menghilang di tempat lain di Lower Guinea. Spesies ini tidak terdapat di wilayah lain di wilayah Guinea-Kongo karena tingginya keanekaragaman Caesalpinioideae yang hanya terdapat di Guinea Hilir. Ekosistem hutan ini juga mewakili hutan Guinea Hilir atau Atlantik di dataran tinggi pedalaman Gabon, dan lebih khusus lagi Kawasan Lanskap Ivindo yang kemungkinan besar membentuk entitas fitogeografi yang terpisah dan sangat kaya di Guinea Hilir. Keanekaragaman hutan Caesalpinioideae di dataran tinggi bagian dalam juga tercermin dari fakta bahwa, pada tingkat lokasi, hutan di tepi barat berbeda sebesar 60% dengan hutan di tepi timur. Kehadiran Langoué Baï dan padang rumput yang identik dengan inselberg, berkontribusi besar terhadap keunikan wilayah tersebut.

Ekosistem hutan yang utuh ini membantu melestarikan keutuhan perairan hitam Ivindo yang merupakan rumah bagi sekitar lima belas spesies ikan dari genus Paramormyrops (Mormyridae) – satu-satunya kawanan spesies yang ditemukan di sungai-sungai di seluruh dunia yang termasuk dalam famili ini. Ini adalah salah satu contoh spesiasi terbaik di dunia di perairan terbuka di mana proses spesiasi berlangsung pada tingkat yang sangat tinggi.

Kriteria (x): Sungai-sungai di properti ini merupakan rumah bagi ichthyofauna yang memiliki kepentingan global dan dicirikan oleh endemisme yang luar biasa, flora dan habitat yang sangat beragam yang sangat penting bagi konservasi mamalia, burung, dan amfibi. Ekosistem hutan utuh di Taman Nasional Ivindo dan Kawasan Lansekap Ivindo, dengan keanekaragaman habitatnya dan, khususnya, hutan Caesalpinioideae yang sangat tua, unik di Afrika barat-tengah dan seluruh wilayah Guinea-Kongo, merupakan rumah bagi 161 spesies tumbuhan bernilai konservasi tinggi, 129 spesies endemik Gabon dan 35 spesies endemik Ivindo. Taman Nasional Ivindo sendiri merupakan rumah bagi 81 spesies tumbuhan dan 39 spesies yang terancam punah, termasuk Gorila Dataran Rendah Barat (Gorilla gorilla), Simpanse (Pan troglodytes), Gajah Hutan (Loxodonta cyclotis), Burung Nuri Abu-abu (Psittacus erithacus), dan Burung Beo Buaya Moncong Ramping (Mecistops cataphractus).

Dari segi zoologi, ekosistem ini memiliki 126 spesies mamalia, termasuk tujuh spesies primata endemik Lower Guinea. Selain itu, populasi Gajah Hutan relatif besar dan mencakup banyak gajah jantan dengan gading yang sangat besar, hal ini menjadi sangat langka di sebagian besar Afrika Tengah. Avifauna Taman Nasional Ivindo mencakup 190 (68%) dari 278 spesies hutan asli wilayah Guinea-Kongo dan lima dari enam spesies endemik Guinea Hilir. Entomofauna mencakup 528 spesies kupu-kupu diurnal (mungkin 800-1000), banyak di antaranya tampaknya terbatas pada hutan Caesalpinioideae yang sudah sangat tua.

Mengenai Air Terjun Kongou, mereka adalah rumah bagi tujuh spesies Podostemaceae, tanaman yang sangat terspesialisasi, langka dan sangat rentan yang terancam oleh pembangunan bendungan dan pengaturan sungai. Ketujuh spesies ini mewakili 44% flora Podostemaceae di Gabon dan empat genera yang diketahui di negara tersebut. Ivindo juga merupakan rumah bagi 45 spesies ikan endemik Lower Guinea, 13 di antaranya endemik Gabon. Sungai Ivindo adalah rumah bagi 16 ikan asli asli sungai tersebut, dan merupakan rumah bagi kekayaan khusus Cyprinodontiformes dan Mormyridae, dengan spesies yang sangat terspesialisasi dan rapuh dari genus Ivindomyrus, yang diberi nama berdasarkan Sungai Ivindo. Selusin spesies ikan beraliran listrik dari genus Paramormyrops (Mormyridae) membentuk kawanan ikan air tawar yang langka secara global. pard (Panthera pardus), dan Kucing Emas Afrika (Caracal aurata), serta tiga spesies Trenggiling (Manidae spp.).

Integritas Taman Nasional

Properti ini mencakup area seluas 298.758 ha dan menunjukkan integritas yang luar biasa. Itu sama sekali tidak berpenghuni dan sekitar 90% masih utuh. Ini adalah bagian dari ekosistem hutan yang lebih besar dengan luas hampir 2.000.000 ha, terletak di antara kota Makokou, Ovan, Booué dan Lastoursville FOR4D. Kepadatan populasi manusia rata-rata adalah sekitar 2,5 jiwa/km² dan kawasan di luar taman nasional sebagian besar terdiri dari konsesi hutan, dimana dua dari sebelas konsesi di zona penyangga telah bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC) pada saat pendiriannya. Namun, konsesi ini harus menyisakan jalur selebar 500 m di sepanjang batas properti. Operasi penebangan telah menyebabkan masuknya semut invasif Wassmannia auropunctata ke dalam properti dan juga menciptakan jalur akses yang membuka area yang sebelumnya tidak dapat diakses. Akses jalan harus ditutup setelah operasi berakhir.

Berdasarkan ukuran dan sifat topografi dan sistem hidrografi, fitogeografi dan gradien ekologi, serta konektivitasnya dengan kawasan lindung lainnya — Taman Nasional Minkébé di utara dan Taman Nasional Mwagné di timur —, ekosistem ini mampu menahan perubahan iklim. , setidaknya yang diprediksi oleh penilaian saat ini. Selain itu, dalam kerangka rencana penggunaan lahan, properti tersebut berlokasi sepenuhnya di luar kawasan yang diperuntukkan bagi pengembangan pertanian atau agroindustri (pohon kelapa sawit). Diakui, keterhubungan kawasan dengan kawasan lindung lainnya harus tetap dijaga agar perlindungan mamalia besar seperti Gajah Hutan (Loxodonta cyclotis) tetap terjamin.

Persyaratan perlindungan dan pengelolaan

Properti ini mendapat perlindungan hukum jangka panjang berdasarkan Keputusan 612/PR/MEFEPEPN tanggal 30 Agustus 2002, yang mengklasifikasikan Taman Nasional Ivindo dan menetapkan batas-batasnya dalam Pasal 2. Lebar zona penyangga taman nasional ditetapkan sebesar 5 km, sesuai dengan Pasal 77 UU 16/2001 tanggal 31 Desember 2001 tentang Peraturan Kehutanan di Gabon, dan lebih khusus lagi berdasarkan Surat Perintah 118/MEFEPEPN tanggal 1 Maret 2004 tentang peraturan kehutanan, pertambangan, pertanian, budidaya perairan, perburuan dan pariwisata kegiatan di dalam zona penyangga. Properti ini dilindungi sebagai Taman Nasional (IUCN Kategori II).

Meskipun batas-batas properti sudah ditentukan dengan jelas, diketahui oleh penduduk setempat dan diatur, ancaman seperti perburuan liar, pembalakan liar, dan penangkapan ikan ilegal masih terus terjadi. Oleh karena itu, pemberantasan perburuan liar merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Langkah-langkah tambahan yang memadai telah diambil untuk menghilangkan ancaman-ancaman ini, terutama dengan mengintensifkan misi pengawasan untuk memastikan perlindungan properti. Meskipun properti ini cukup luas untuk melestarikan nilai-nilainya secara efektif, tetap penting untuk berupaya melindungi hutan Caesalpinioideae bahkan di luar properti, karena terdapat juga hutan purbakala berukuran besar yang terletak di luar properti, yang sangat penting bagi fauna yang memiliki ruang hidup yang luas. melampaui batas Taman Nasional, terbukti dengan adanya Gajah Hutan (Loxodonta cyclotis). Demikian pula, menjaga keanekaragaman hayati air tawar di Taman Nasional Ivindo, yang merupakan rumah bagi banyak spesies yang rentan, akan bergantung pada jaminan perlindungan dari potensi dampak pembangunan, baik di hulu maupun hilir kawasan tersebut.

Satu-satunya kegiatan yang diperbolehkan di luar pengelolaan, penelitian dan pariwisata adalah penangkapan ikan tradisional, namun kegiatan ini dibatasi hanya pada bagian Ivindo yang merupakan batas taman nasional, dan pada nelayan di desa Loa-Loah. Kegiatan-kegiatan ini diatur oleh undang-undang, terutama melalui Undang-undang 16/2001 tanggal 31 Desember 2001 tentang Peraturan Kehutanan di Gabon, Undang-undang No. 003/2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Taman Nasional, dan Perintah 118/MEFEPEPN tanggal 1 Maret 2004 tentang pengaturan kegiatan kehutanan, pertambangan, pertanian, budidaya perikanan, perburuan dan pariwisata dalam zona penyangga. Penting untuk memastikan pemantauan skala kegiatan penangkapan ikan ini, yang merupakan praktik kuno, untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut tetap berkelanjutan dalam kaitannya dengan Nilai Universal yang Luar Biasa dari properti tersebut.

Taman Nasional Ivindo dikelola oleh Badan Taman Nasional (ANPN) yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 003 Tahun 2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Taman Nasional. Upaya besar dan berkelanjutan telah dilakukan untuk memastikan koordinasi dan harmonisasi kebijakan dan praktik yang efektif terkait pengelolaan kawasan lindung. Properti ini memiliki rencana pengelolaan sejak tahun 2016 yang akan diperbarui setiap lima tahun.

Penebangan hutan diperbolehkan di zona penyangga, dengan syarat berdasarkan analisa dampak lingkungan dan sosial yang membuktikan bahwa tidak ada dampak negatif terhadap Taman Nasional. Penerapannya selektif: satu pohon ditebang per hektar. Gabon terlibat dalam proses sertifikasi hutan FSC untuk seluruh sebelas konsesi. Pada saat penandatanganan perjanjian ini, dua dari konsesi tersebut telah memiliki sertifikasi FSC. Semua konsesi hutan secara de facto merupakan zona penyangga yang bertujuan untuk memerangi perburuan liar dengan memfasilitasi kontrol akses.

Taman Nasional Ivindo menerima dukungan finansial dan teknis dari Negara dan mitra pembangunannya, seperti Badan Pembangunan Perancis (AFD), Dinas Perikanan dan Margasatwa Amerika Serikat (USFWS) dan Wildlife Conservation Society (WCS), serta dari kerangka partisipasinya dalam Inisiatif Hutan Afrika Tengah, sebuah perjanjian pendanaan dengan Norwegia. Pengelolaan properti memerlukan pendanaan yang cukup dan berjangka panjang, yang dijamin oleh sumber dayanya sendiri dan kontribusi dari mitra lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rokokslot

Slot Mahjong

Scatter Biru

Slot Mahjong

Rokokslot

RTP Slot Gacor

Scatter Pink

Rokokslot

Live Casino

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Berita Random

Berita Terkini

Pusat Kesehatan

Wisata Masa Kini

Pusat Kuliner

Kamu Harus Tau

Gudang Resep

Berita Seputar Olahraga

Fakta Menarik