Sistema Sac Actun
8, Jun 2024
Sistema Sac Actun, Wisata Gua Terpanjang di Dunia

Wisata Ekstrim – Mendengar destinasi gua bawah laut terpanjang di dunia mungkin Anda akan tercengang. Tapi memang sungguhan ada kok, namanya Sac Actun. Sistema Sac Actun atau yang dikenal dengan Sac Actun adalah gua bawah laut yang terletak di Desa Tulum, Quintana Roo, Meksiko. Gua yang memiliki panjang kurang lebih 215 km, merupakan salah satu dari aliran sungai bawah laut yang mengalir ke Semenanjung Yucatan.

Gua ini pertama kali ditemukan pada 2007 oleh Stephen Bogaerts FOR4D dan Robbie Schmitter, yang merupakan seorang penyelam profesional. Lalu di 2009, UNESCO menjadikan Sac Actun sebagai salah satu situs keajaiban dunia.

Gua yang sering disebut-sebut sebagai gua terpanjang di dunia ini diperkirakan setara dengan Jakarta-Pekalongan. Walaupun demikian, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

“Sac Actun ~ Cenote (diucapkan seperti ‘sin-oat-ay’) Ini adalah salah satu cenote paling keren yang kami kunjungi,”.

Wisatawan bisa menyusuri gua ini dengan berenang. Saat berenang di gua, Anda bisa melihat keunikan stalaktit dan stalagmit yang besar. Namun, saat berenang harus berhati hati. Sebab terdapat puluhan belokan dan simpangan di dalam gua.

Banyaknya simpangan dan belokan dalamnya, yang membuat gua ini dijuluki sebagai gua paling rumit di dunia. Selain berenang, wisatawan yang berkunjung juga dapat melakukan kegiatan diving. Namun dengan syarat wajib memiliki lisensi diving, karena banyaknya jalur berliku yang akan dilewati saat diving FOR4D.

Pada kedalaman 57 meter wisatawan yang menyelam akan menemukan sisa-sisa mastodon, yaitu hewan purba berbelalai. Lalu, pada kedalaman 43 meter, penyelam akan menemukan sisa tengkorak manusia yang menjadi bukti tertua, tentang adanya manusia purba yang pernah tinggal di gua tersebut.

Selama menyelam, wisatawan akan merasakan sensasi air dalam gua yang super dingin dan melihat air biru jernih yang merupakan air laut. Walaupun di gua ini terdapat air laut, namun tidak adakan ikan laut atau makhluk laut lain didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *