Ulu Temburong National Park
19, Jul 2024
Wisata Taman Nasional Ulu Temburong Brunei Darussalam

Wisata EkstrimTaman Nasional Ulu Temburong Brunei Darussalam menjadi bukti bahwa di negara tersebut kaya dengan destinasi wisata menarik. Sebab banyak orang menganggap bahwa Brunei Darussalam adalah negara kecil dan tak banyak yang dapat didatangi. Bahkan sebagian wisatawan berpendapat di Brunei Darussalam hanya terdapat masjid yang ada di Pusat Kota Bandar Seri Begawan.

Anggapan tersebut salah besar karena di Brunei Darussalam juga terdapat masyarakat yang tinggal di pesisir sungai dengan keindahan wisata alamnya. Karena itulah destinasi wisata ini kerap mencuri perhatian wisatawan dari mana saja untuk datang dan menikmati liburan di sana. Penasaran apa saja yang ada di tempat wisata di Brunei Darussalam ini? Berikut informasi menarik selengkapnya.

Informasi seputar Objek Wisata Taman Nasional Ulu Temburong Brunei Darussalam

Sebagai informasi, tidak banyak orang yang bisa berkunjung ke objek wisata ini secara langsung. Pasalnya wisatawan hanya bisa memesan paket perjalanan ke Ulu Resort baru diperbolehkan masuk ke daerah Taman Nasional. Sehingga jika Anda hendak datang ke sini, tak ada cara untuk backpacking serta mengatur perjalanan seorang diri. Taman Ulu Temburong ini berada diantara sungai Temburong dan Belalong. Destinasi tersebut mempunyai luas mencapai 50 ribu hektar, namun hanya sekitar 100 hektar yang menjadi taman untuk tempat kunjungan.

Lokasi 

Untuk alamat Taman Nasional ini berada di Distrik Temburong tepatnya Brunei Darussalam bagian timur. Lokasinya bisa Anda tempuh dengan memulai dari dermaga Kianggeh Jetty yang ada di Sungai Brunei. Di sini wisatawan bisa naik speed boat tujuan ke Kota Bangar melalui Sungai Brunei sampai Sungai Limbang.

Setibanya di Kota Bangar, perjalanan berlanjut dengan Batang Duri selama puluhan menit hingga tiba di dermaga tempat perahu kayu bersandar. Sekedar informasi, jalur sungai inilah menjadi satu-satunya akses agar bisa masuk ke Ulu Temburong Brunei Darussalam.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional 

Seperti yang kita ketahui, untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda harus melalui paket menginap Resort Ulu Temburong. Jika membayar paket menginap di sana, otomatis wisatawan baru bisa memasuki kawasan Taman Nasional Ulu Temburong. Untuk harga paket menginapnya sendiri bervariasi mulai dari 330 Brunei Dollar sampai 589 Brunei Dollar per satu orangnya. Alternative lainnya yaitu bisa membeli paket ke Canopy Walk dan melewati area taman nasional dengan harga 160 Brunei Dollar per harinya. Sedangkan jam buka destinasi wisata ini mulai dari jam 8 pagi dan tutup tepat jam 6 sore waktu setempat.

Fasilitas

Para pengunjung yang datang ke Ulu Temburong bisa menikmati fasilitas di Temburong Ulu Resort. Fasilitas di penginapan tersebut cukup lengkap mulai dari kamar tidur, kamar mandi, sampai ada pemandu wisata yang menemani wisatawan selama berlibur.

Daya Tarik

Menjadi salah satu wisata favorit di Brunei Darussalam, ada banyak daya tarik tersendiri di taman nasional ini.

Beberapa daya tarik tersebut yaitu:

  • Ragam Fauna
    Sepanjang perjalanan menuju taman nasional, wisatawan bisa menemukan berbagai hewan. Di mana hewan tersebut tinggal di pesisir sungai seperti biawak, ular, burung liar sampai buaya muara di tepi pasir.
  • Kegiatan Seru Menegangkan
    Saat berwisata di sini, pengunjung juga bisa melakukan banyak aktivitas seperti camping, rafting, kayak sampai night jungle walk.

https://jlpt.mosai.org.in/common/uploads/-/for4d/

https://dinkesngawi.net/for4d/

https://pramukaaceh.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *